21 Desember, 2020

Bahan-Bahan Umum Untuk Membuat Bangunan

TokoBangunan Lengkap dan Murah - Sebelum kita memulai membangun sebuah bangunan, ada baiknya kita perlu merencanakannya terlebih dahulu. Mulai dari perencanaan design struktur bangunan hingga pemilihan bahan bangunan yang lengkap. Membangun sebuah bangunan tidak hanya dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti batu granit, kayu, daun, bambu dll, tetapi juga dapat menggunakan bahan-bahan bangunan buatan pabrik ataupun rumahan.

Bahan bangunan alami kadang ada yang menggunakan sedikit sentuhan manusia, seperti kayu, batu granit, batu kali, dan lain sebagainya, agar dapat digunakan untuk membangun sebuah bangunan. Sedangkan untuk bahan bangunan pabrik atau rumahan biasanya akan diolah terlebih dahulu bahanya agar dapat digunakan untuk membangun bangunan, seperti pipa, kawat besi, alumunium, dan lain sebagainya. Masing-masing bahan tersebut tentunya memiliki fungsi tersendiri.

Bagi kamu yang sedang merencanakan untuk membangun rumah atau mau merenovasi rumah, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis bahan bangunan yang biasa digunakan untuk membangun/merenovasi rumah terlebih dahulu. Selain untuk menambah wawasan, hal tersebut juga berguna untuk kamu, agar kamu mengetahui mana bahan bangunan yang cocok untuk membangun rumah/merenovasi rumah milik kamu.

 

Bahan-Bahan Umum Untuk Membuat Bangunan

  1. Batu Bata

bahan bangunan: batu bata
bahan bangunan: batu bata

Kita semua tentunya mengetahui jika batu bata ini digunakan sebagai bahan untuk membangun sebuah dinding. Batu bata sendiri terbuat dari tanah liat yang dicetak lalu dibakar hingga menampilkan warna kemerah-merahan yang khas, yang saat ini kita kenal dengan nama batu bata merah.

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan pengetahuan, penggunaan batu-bata sebagai bahan dasar pembuatan tembok ini mulai menurun popularitasnya. Hal itu dikarenakan, batu bata yang terbuat dari tanah liat saat ini sudah bisa digantukan oleh batu bata yang berbahan dasar gypsum atau bambu. Penggunaan bambu dan gypsum sebagai bahan dasar pembuatan batu bata untuk membangun tembok dinilai sangat murah dan ekonomis dibandingkan dengan menggunakan batu bata tanah liat. Meskipun begitu, batu bata tanah liat ini masih tetap banyak digunakan dan menjadi bahan yang umum digunakan untuk membangun sebuah tembok, karena kekokohannya.

 

  1. Lumpur dan Tanah Liat

bahan bangunan: lumpur dan tanah liat
bahan bangunan: lumpur dan tanah liat

Penggunaan jumlah lumpur dan tanah liat untuk membangun sebuah bangunan itu semua sangat bergantung pada bangunan seperti apa yang ingin kamu buat. Hal tersebut juga sangat berkaitan erat dengan kualitas tanah liat yang digunakan nantinya.

Mencampur lumpur dengan pasir tentunya akan membuat pondasi bangunan menjadi lemah. Sebaiknya, jika lumpur dicampur dengan tanah liat pastinya akan menyatu padu dengan bangunan yang lainnya sehingga banguan tersebut akan kokoh, seperti beton, karena tidak akan menyisakan rongga yang dapat membuat bangunan menjadi keropos.

Tanah liat juga merupakan salah bahan bangunan yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan atau kelembaban suhu dalam suatu ruangan. Oleh karena itu, rumah yang dibuat dengna campuran tanah liat akan terasa sangat sejuk pada musim panas dan akan terasa hangat pada musim dingin.

Campuran lumpur dan tanah liat ini dapat menahan panas yang kemudian dilepaskan keluar secara perlahan lahan dari waktu-kewaktu. Sehingga, penghuni yang menghuni bangunan tersebut tidak akan merasakan perubahan suhu yang mendadak.

 

  1. Batu

bahan bangunan: batu
bahan bangunan: batu

Batu merupakan bahan yang paling umum dan sudah lama digunakan serta sangat mudah ditemukan di toko bahan bangunan terdekat dari rumah kamu. Terdapat banyak sekali jenis batu batuan yang dapat digunakan untuk membangun sebuah banguanan, kamu dapat menyesuaikan jenis batu yang ingin digunakan tergantung dari bangunan apa yang ingin kamu buat.

Meskipun kaku dan perlu diberi sentuhan lagi agar dapat digunakan, nyatanya batu ini merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat padat sehingga dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh. Meskipun begitu, batu ini sangat tidak bagus dalam mengatur suhu suatu ruangan.

Dari jaman dulu, batu sudah digunakan untuk membangun sebuah bangunan, seperti tembok. Saat ini juga batu masih digunakan untuk membangun tembok, akan tetapi diberi tambahan berupa semen untuk merekatkan batu-batuan yang digunakan dalam membangun sebuah tembok atau dinding.

 

  1. Jerami

bahan bangunan: jerami
bahan bangunan: jerami

Jerami ini sama seperti batu, sama-sama bahan yang sudah lama digunakan untuk membangun sebuah bangunan. Jerami atau rumput kering ini merupakan bahan untuk menahan panas yang baik. Disebagian besar budaya negara-negara lain, jerami ini merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat terkenal.

Suku-suku di negara Afrika menggunakan bahan jerami ini sebagai bahan utama, untuk membangun rumah mereka. Di benua Eropapun, jerami ini dulunya sangat lumrah dan sering digunakan, jerami ini sempat meredup akibat teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang. Tapi sekarang sudah mulai digunakan lagi, salah satunya adalah di negara Belanda. Mereka memanfaatkan jerami ini dalam proses pembangunan rumahnya.

 

  1. Kayu

bahan bangunan: kayu

Kayu merupakan bahan bangunan yang paling umum dan banyak digunakan hingga saat ini untuk membangun sebuah bangunan. Kayu ini dapat berasal dari pepohonan atau terkadang menggunakan tumbuhan-tumbuhan yang berserat tinggi. Kayu ini juga dapat diproduksi lagi oleh pabrik atau usaha rumahan untuk menjadi sebuah bahan bangunan, lemari, ataupun furniture serta perabot rumah yang lainnya.

Berat kayu yang ingin digunakan juga dapat disesuaikan, kayu juga sangat kuat dan kokoh, dan tentunya akan semakin kokoh ketika dipadakan secara vertikal. Penggunaan bahan kayu ini sangat cocok untuk disegala jenis musim. Bahan kayu umumnya digunakan untuk menopang atau membentuk bagian atap suatu rumah.

Dulu kayu sering digunakan langsung secara gelondongan untuk membangun sebuah bangunan. Pepohonan hanya akan langsung dipotong sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan. Setelah mesin pemotong kayu ditemukan, bahan dari kayupun mulai mengalami evolusi sehingga dapat dibuat kedalam berbagai macam bentuk. Hal itu tentunya dapat mempermudah dan mempecepat proses pembangunan suatu bangunan.

 

Kurang lebih itulah beberapa jenis bahan bangunan yang umum dan sangat sering digunakan. Sebenarnya masih ada banyak lagi bahan-bahan umum yang biasa digunakan untuk membangun suatu bangunan. Oleh karena itu, saya akan melanjutkannya pada artikel yang berikutnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Spam dan Link Aktif Tidak Akan Di Approve!

Waterproofing dan Jenis Jenisnya

Waterproofing  -   Beberapa dari kalian pasti pernah menghadapi kebocoran atau rembesan air yang terjadi pada struktur lantai, dinding, atau...