28 Desember, 2020

4 Bahan Bangunan Wajib Dalam Membangun Rumah Yang Kuat

TokoBangunan Lengkap dan Murah - Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai 4 bahan bangunan wajib yang harus ada ketika kalian ingin membangun sebuah rumah. Bahan-bahan bangunan berikut ini terbilang sangat umum dan sepertinya wajib ada ketika kita mau membangun sebuah rumah. Dari pada berlama-lama, langsung saja saya bahas apa saja  bahan bahan bangunan yang wajib tersebut.


Bahan Bangunan Wajib Ada Dalam Membangun Rumah


Bahan Bangunan Wajib
Bahan Bangunan Wajib

  1. Semen

Semen merupakan bahan yang sangat penting dalam membangun sebuah rumah. Tanpa adanya semen, bahan bangunan lain seperti batu bata atau batako sekalipun tidak akan bisa saling menyatu atau merekat untuk membentuk tembok bangunan. Semen juga merupakan salah satu bahan bangunan yang paling vital untuk proses pembuatan fondasi bangunan yang kokoh agar tidak rubuh.

Semen memiliki 4 unsur pokok di dalamnya, yaitu; batu kapur sebagai bahan utamanya, tanah liat yang memiliki kandungan SiO2, Al2O3, dan Fe2O3, batu silika yang ditambahkan kedalam semen apabila tanah liat memiliki sedikit kandungan SiO2, dan kandungan pasir besir, yang ditambahkan jika tanah liat memiliki sedikit kandungan Fe2O3.

 

  1. Metal

Metal merupakan salah satu bahan material yang paling kuat, yang digunakan untuk membangun sebuah rumah. Metal ini juga biasa digunakan untuk membuat kerangka-kerangka konstruksi bangunan-bangunan besar seperti gedung-gedung pencakar langit, dan kadang juga digunakan untuk melapisi permukaan gedung. Terdapat berbagai macam jenis metal yang digunakan dalam dunia kontruksi. Contohnya saja baja, yang dibuat dengan campuran lain yang bahan utamanya adalah besi, baja ini sangat cocok digunakan untuk membuat struktur bangunan.

Baja merupakan salah satu bahan material yang paling fleksibel dan tahan lama. Meskipun baja termasuk salah satu bahan material terkuat, akan tetapi baja ini tetap akan kala atau rusak jika terkena karat, karena karat merupakan musuh utama semua logam metal.

Campuran dari alumunium dan timah memiliki tingkat kepadatan yang lebih rendah dari baja, akan tetapi campuran kedua bahan tersebut memiliki daya tahan karat yang lebih tinggi dibandingkan dengan baja. Selain baja, bahan metal lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membangun sebuah bangunan adalah titanium, krom, perak, dan emas.

Bahan material Titanium dapat digunakan untuk membangun struktur bangunan yang kokoh dan kuat, akan tetapi harga jual titanium jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga baja yang biasa dijual di toko bahan bangunan. Sedangkan untuk emas, perak dan krom, pastinya tidak cocok untuk digunakan sebagai bahan untuk membangun sebuah rumah.

 

  1. Kaca

Kaca merupakan salah satu bahan bangunan yang biasanya digunakan untuk membuat jendela ataupun pintu kaca. Material kaca ini memang sudah lama digunakan sebagai pelengkap untuk ventilasi udara dirumah kita, sejak pertama kali kaca ditemukan.

Kaca memungkinkan kita untuk melihat pemandangan diluar jendela tanpa terpengaruh suasana diluar jendela itu sendiri. Kaca yang biasanya digunakan untuk membuat jendela di rumah itu berasal dari campuran pasir dan silika, yang mana bahan kaca tersebut membuat kaca rapuh dan mudah pecah jika terbentur dengan benda keras.

Dengan kemajuan teknologi yang ada, kaca saat ini sudah bertransformasi menjadi semacam tirai yang dapat menutupi permukaan bangunan. kaca-kaca yang digunakan untuk menutupi permukaan bangunan memiliki tujuan, agar orang-orang yang berada di dalam bangunan tersebut, dapat melihat pemandangan langit. Contohnya adalah bangunan skylight.

 

  1. Pipa

Meskipun tidak termasuk kedalam bahan-bahan yang digunakan untuk membangun rumah seperti untuk membuat atap, dinding, ataupun fondasi rumah, akan tetapi, pipa ini sangat memegang peranan penting dalam proses pembangunan suatu bangunan atau rumah. Pipa ini digunakan untuk menghubungkan air agar rumah atau bangunan yang dibangun dapat teraliri oleh air.

Pipa biasanya dibuat dengan bahan yang dapat tahan dengan suhu yang rendah maupun yang tinggi, sehingga dapat mengaliri air dengan baik kedalam bangunan rumah. Pipa yang ada pada saat ini biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti carbon steel, carbon moly, ferro nikel, stainless steel, chrome moly, atau yang sekarang lagi populer adalah pipa PVC.

 

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui bukan. Apa saja bahan-bahan bangunan yang penting dalam membuat suatu rumah atau bangunan. Bahan-bahan diatas sangat penting untuk kalian ketahui jika suatu saat kalian akan membangun sebuah rumah. Karena dengan mengetahui hal tersebut, kalian akan sangat terbantu sekali untuk mencari bahan-bahan ataupun brand yang memiliki kualitas yang bagus, agar rumah kalian kokoh dan nyaman untuk ditinggali.

Ikuti terus perkembangan blog ini, untuk mengetahui perkembangan informasi seputar bahan bangunan lebih lanjut lagi, serta mendapatkan informasi terkait dengan promo toko bahan bangunan online.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Spam dan Link Aktif Tidak Akan Di Approve!

Waterproofing dan Jenis Jenisnya

Waterproofing  -   Beberapa dari kalian pasti pernah menghadapi kebocoran atau rembesan air yang terjadi pada struktur lantai, dinding, atau...