29 Desember, 2020

Bahan Bangunan Genteng Metal Untuk Atap Bangunan

Bahan bangunan genteng metal
Bahan bangunan genteng metal


TokoBangunan Lengkap dan Murah - Atap bangunan merupakan salah satu bahan bangunan terpenting dan harus ada ketika kita mau membangun sebuah bangunan, entah itu rumah, gedung, kandang, ataupun yang lainnya. Fungsi dari genteng atau atap ini adalah memberikan perlindungan terhadap ruangan atau bangunan yang ada dibawahnya dari panas, debu, angin, dan hujan. Saat ini, sudah ada berbagai macam material yang dapat digunakan untuk membangun atap, diantaranya seperti:

  1. Atap Sirap
  2. Atap Seng
  3. Atap Genteng
  4. Atap Beton
  5. Atap Polycarbonate
  6. Atap Genteng Metal

Masing-masing material memiliki keunikan dan juga kelebihannya masing-masing. Akan tetapi, material genteng yang saat ini sedang trend dan banyak digunakan pada kontruksi bangunan jaman sekarang adalah genteng metal. Genteng metal ini menjadi salah satu material genteng yang paling banyak dipilih untuk berbagai keperluan kosntruksi pada saat ini, genteng metal ini tidak hanya digunakan untuk membangun atap rumah saja, namun juga berbagai macam bangunan yang lainnya.

 

Bahan Bangunan Genteng Metal


Bahan bangunan genteng metal
Bahan bangunan genteng metal

Bahan bangunan genteng metal berbentuk seperti lembaran, bentuknya hampir sama dengan genteng seng yang sama-sama berbentuk lembaran juga. Penempatan genteng metal ini biasanya dipasang pada balok gording rangka atap bangunan dan dipasangi dengan sekrup agar tidak mudah terlepas.

Ukuran dari genteng metal yang ada pada saat ini sangat bervariasi, biasanya disesuaikan dengan ukuran bangunan. Akan tetapi, tidak jarang juga toko bangunan yang menyediakan kustomisasi ukuran untuk genteng metal.

Material yang digunakan untuk membuat genteng metal sendiri cukup berbeda dengan genteng yang lainnya. Genteng metal terbuat dari campuran lembaran bitumen dan beberapa bahan kimia lain.
Terdapat beberapa model genteng metal yang saat ini beredar ditoko bangunan ataupun pabrik genteng, salah satu modelnya adalah model multipleks. Model multipleks ini menempel pada kerangka atap yang direkatkan dengan menggunakan sekrup. Model genteng metal yang lainnya ada model bergelombang yang dari segi pemasangannya cukup mudah, yaitu dengan cara direkatkan menggunakan sekrup pada balok gording yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Untuk memberikan pencahayaan pada siang hari, genteng metal ini juga disertai dengan pemasangan genteng kaca. Genteng kaca ini berfungsi untuk memberikan pencahayaan untuk diruangan pada siang hari.

 

Komponen Pelengkap Untuk Membangun Atap

Pemasangan atap pada bangunan, entah itu rumah ataupun gedung, tentunya harus dibarengi dengan elemen pelengkapnya. Beberapa hal dibawah ini, tidak boleh dipisahkan atau dilupakan pada saat membangun atap rumah:

  • Talang air hujan

Talang air hujan ini memiliki fungsi yang sangat krusial pada proses pembuatan atap bangunan, yaitu mengarahkan air hujan agar langsung mengalir ke tanah. Pemasangan talang air ini biasanya mengikuti tirisan bangunan atap. Kadang juga dilengkapi dengan pipa air yang didirikan secara vertikal agar air dapat langsung mengalir ke tanah.

  • Lisplang
Lisplang ini berfungsi sebagai pengunci untuk susunan kasau pada kerangka atap agar tidak bergeser meskipun terkena hujan atau tiupan angin.

Lisplang ini juga memberikan kesan yang indah pada atap rumah sehingga dapat menambah nilai estetika pada bangunan yang dibuat.

Baik itu genteng metal ataupun jenis genteng yang lainnya, genteng merupakan salah satu elemen terpenting untuk membuat atap rumah/bangunan yang harus ada. Setiap genteng pastinya, memiliki kelebihan dan juga elemen pendukungnya masing-masing. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal diatas, agar suatu saat kita dapat memperbaiki ataupun merenovasi atap rumah kita, kita sudah mengetahui apa yang dibutuhkan dan genteng apa yang terbaik untuk membangun atap bangunan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Spam dan Link Aktif Tidak Akan Di Approve!

Waterproofing dan Jenis Jenisnya

Waterproofing  -   Beberapa dari kalian pasti pernah menghadapi kebocoran atau rembesan air yang terjadi pada struktur lantai, dinding, atau...